Kandungan Zat Gizi untuk Kecerdasan dalam Ikan

Senin, 26 Januari 2015 04:09:01 - Oleh : Nr Lh

Telah Hadir Dokter Spesialis Kulit & Kelamin di RSUD Nyi Ageng Serang

Sosialisasi Tentang Tertib dan Selamat Berkendara di RSUD Nyi Ageng Serang

Hari Bising Sedunia RSUD Nyi Ageng Serang

Sosialisasi P4GN di RSUD Nyi Ageng Serang

Memperingati Hari TBC Sedunia RSUD Nyi Ageng Serang

Memperingati Hari Pendengaran Sedunia RSUD Nyi Ageng Serang

 

Minyak ikan mempunyai konsentrasi kandungan omega-3 yang lebih tinggi dibanding ikan utuh, sehingga dapat dijadikan pilihan alternatif khususnya bagi orang yang bermasalah untuk makan ikan atau orang yang memerlukan asupan omega-3 dalam jumlah banyak.  

 

Tabel 1. Kandungan Omega 3 & Omega 6 pada Berbagai Jenis Ikan Per 100 gr Ikan

Jenis Ikan

Omega 3 (gr)

Omega 6 (gr)

Sardine

1,2

2,2

Tuna

2,1

3,2

Kembung

5,0

3,0

Salmon

1,6

2,1

Tenggiri

2,6

3,7

Tongkol

1,5

1,8

Teri

1,4

1,6

 

Konsumsi ikan minimal 2-3 kali dalam sehari efeknya dapat mencegah penyakit, menjadi cerdas dan sehat. Ikan juga mengandung faktor anti-oksidan yang melindungi asam lemak tak jenuh dari oksidasi sebelum dan sesudah proses pencernaan.

 

Untuk memperoleh efek tersebut diatas, sebagian orang harus memperoleh sekitar 6-9 gram minyak ikan per hari (rata-rata 100 gram ikan mengandung minyak ikan sekitar 3 gram).  Minyak ikan mempunyai pengaruh yang lebih cepat dibanding dengan makan ikan. Namun demikian, beberapa manfaat makan ikan terhadap beberapa penyakit tidak dapat diperoleh dengan mengonsumsi minyak ikan. Bagi penderita tekanan darah tinggi misalnya, akan lebih bermanfaat makan ikan daripada minyak ikan karena penurunan tekanan darah disebabkan oleh tingginya proporsi DHA dan EPA. Ikan lebih banyak mengandung DHA dan EPA dibandingkan minyak ikan .

 

Jika kita mengkonsumsi ikan kita akan memperoleh manfaat dari nutrisi selain asam lemak yang terdapat 4 kelompok zat gizi, yaitu  :

·         Protein 18% (asam-asam esensial untuk pertumbuhan)

·         Lemak 1-20% (asam lemak tak jenuh, mudah dicerna dan dapat membantu menurunkan kolesterol darah)

·         Berbagai jenis vitamin (A, D, Thiamin, Riboflavin, dan Niacin)

·         Mineral (Mg, Fe, Cu, Zn dan Se)

« Kembali | Kirim | Versi cetak