Mencegah Anemia (Bagian IV)

Senin, 2 Februari 2015 06:09:51 - Oleh : Buku Pesan Gizi Dinkes KP

Sosialisasi Tentang Tertib dan Selamat Berkendara di RSUD Nyi Ageng Serang

Hari Bising Sedunia RSUD Nyi Ageng Serang

Sosialisasi P4GN di RSUD Nyi Ageng Serang

Memperingati Hari TBC Sedunia RSUD Nyi Ageng Serang

Memperingati Hari Pendengaran Sedunia RSUD Nyi Ageng Serang

Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Bidang ( Ujian Tertulis ) Penerimaan Pegawai Non PNS di RSUD Nyi

bahan makanan kaya zat besi  

Cara Mencegah Anemia adalah:

  • Makan makanan bergizi terutama sumber zat besi khususnya bahan makanan hewani, kacang -kacangan dan sayuran hijau.
  • Minum satu tablet tambah darah seminggu sekali dan setiap hari selama haid.
  • Jika hamil minumlah satu tablet tambah darah setiap hari selama minimal 90 hari masa kehamilan dan 40 hari selama masa nifas.

Ada dua tipe zat besi dalam makanan:

  • Non hem: yang sulit diserap atau sekitar 1-10% dan banyak ditemukan dalam makanan sumber nabati seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau tua. Penyerapan zat besi non heme sangat tergantung dengan adanya vitamin C dan dihambat oleh zat phitat yang terdapat dalam kacang-kacangan.
  • Hem: mudah diserap atau sekitar 15-35% dan banyak ditemukan pada sumber hewani khususnya daging merah, daging unggas dan ikan. Daging merah adalah sumber terbaik zat besi, sehingga direkomendasikan mengkonsumsi daging 3 kali dalam seminggu. Bisa diserap secara langsung oleh tubuh tanpa terganggu oleh zat zat penghambat.

« Kembali | Kirim | Versi cetak