Akibat Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat (Bagian I)

Kamis, 5 Februari 2015 05:36:20 - Oleh : Buku Pesan Gizi Dinkes KP

Sosialisasi Tentang Tertib dan Selamat Berkendara di RSUD Nyi Ageng Serang

Hari Bising Sedunia RSUD Nyi Ageng Serang

Sosialisasi P4GN di RSUD Nyi Ageng Serang

Memperingati Hari TBC Sedunia RSUD Nyi Ageng Serang

Memperingati Hari Pendengaran Sedunia RSUD Nyi Ageng Serang

Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Bidang ( Ujian Tertulis ) Penerimaan Pegawai Non PNS di RSUD Nyi

Akibat Ibu Hamil Kurang Asam Folat  

Asam Folat terutama penting pada periode pembelahan dan pertumbuhan sel sel janin pada kehamilan trimester satu (3 bulan pertama kehamilan). Berikut ini akibat kekurangan asam folat pada kehamilan:

  • Spina bifida adalah suatu pembukaan atau bagian terbuka dalam kolom vertebral yang membungkus sumsum tulang belakang. Oleh karena pembukaan tersebut, sumsum tulang belakang dan meninges dapat menyebabkan meningomyelocele.
  • Anencephaly adalah suatu kondisi dimana tutup kepala bayi tidak menutup sempurna pada waktu proses pembentukan terjadi di dalam kandungan. Proses ini biasanya terjadi pada usia kehamilan sekitar 4 minggu.
  • Ensefalocele adalah suatu kelainan tabung saraf yang ditandai dengan adanya penonjolan meningens (selaput otak) dan otak yang berbentuk seperti kantung melalui suatu lubang pada tulang tengkorak. Ensefalokel disebabkan oleh kegagalan penutupan tabung saraf selama perkembangan janin. Encephalocele terjadi akibat adanya lubang pada tengkorak bayi yang melaluinya jaringan otak menonjol keluar.

« Kembali | Kirim | Versi cetak