Biasakan Makan Ikan Sejak Kecil Agar Cerdas

Tingginya potensi nutrisi pada ikan kurang dimanfaatkan di Negara kita, karena budaya makan ikan  masih kurang. Pola konsumsi orang Indonesia sangat berbeda dengan orang Jepang. Jika kita konsumsi tinggi karbohidrat dari makanan pokok dan protein sebagian besar bukan dari ikan serta kurang mengkonsumsi buah dan sayuran, sementara orang Jepang sangat menyukai ikan sayuran dan buah.

Merubah pola konsumsi dari tidak suka ikan menjadi suka ikan memang tidak mudah, karena pola makan kita terbentuk sejak kita kecil dan ini merupakan warisan kebiasaan dari orang tua kita.

Kampanye makan ikan memang baik, namun alangkah baiknya jika kita membidik sasaran kampanye yang kurang diperhitungkan yaitu kalangan anak-anak, karena pola makan mereka sedang dibentuk sehingga akan lebih mudah mendorong anak untuk menyukai makan ikan dibandingkan merubah pola makan orang dewasa yang sudah lama tak menyukai ikan. Selain pola makan yang sedang dibentuk anak-anak membutuhkan nutrisi untuk perkembangan otaknya yaitu asam lemak esensial yang banyak terkandung dalam ikan.